Monday, December 26, 2016

NEGERI SEDERHANA YANG MENDAMAIKAN JIWA




KAMPUNG KURCACI adalah sebuah wisata alam di Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Lokasinya adalah lahan hutan Damar Perhutani Petak 40J Dusun Brobahan. Kampung Kurcaci memang sebuah wisata alam yang dikelola atas dasar kerjasama antara Perum Perhutani KPH Banyumas Timur dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Gunung Slamet Desa Serang.

KAMPUNG KURCACI menawarkan konsep wisata edutainment, selain hutan wisata dengan suasana alam asri dan menyegarkan yang dilengkapi dengan tempat duduk,hammock,rumah pohon dan camping ground, juga terdapat wahana untuk sarana bermain dan belajar anak berupa perpustakaan alam dan Area permainan tradisional sebagai salah satu program pelestarian budaya. Fasilitas penunjang yang ada di Kampung Kurcaci adalah Lahan Parkir, Lapangan kegiatan, Mushola, Kamar mandi, Toilet dan juga Kantin.

Program kegiatan dan paket wisata di KAMPUNG KURCACI : 

HUTAN WISATA KAMPUNG KURCACI
Dengan tiket Masuk Rp.5.000 (lima ribu rupiah) sudah termasuk asuransi, pengunjung dapat menikmati suasana asri hutan wisata dengan pohon-pohon damar raksasa yang membuat suasana sangat sejuk dan segar. Tersedia banyak tempat duduk untuk beristirahat, hammock, rumah pohon dan rumah kurcaci yang menjadi icon tempat ini. Kesemuanya merupakan pesona wisata yang bisa dinikmati seluruh keluarga dan sangat bagus untuk dijadikan spot fotografi, termasuk untuk foto-foto preweding. Tersedia juga penyewaan Kostum/Pakaian unik yang bisa digunakan oleh pengunjung dengan tarif Rp.30.000/orang (30 menit).

PERMAINAN TRADISIONAL yaitu wahana gratis untuk mengenalkan kembali permainan tradisional warisan leluhur yang penuh hikmah filosofis sekaligus gerak tubuh nyata yang menyehatkan, untuk meminimalisir ketergantungan generasi muda pada permainan perangkat elektronik dan game on line. Permainan tradisional yang ada adalah Egrang, congklak , Sunda manda dan sedang terus dikembangkan untuk diadakan wahana permainan tradisional yang lain.

CAMPING GROUND yang berada di KAMPUNG KURCACI berupa hutan Damar yang teduh dan masih alami, sangat cocok untuk kegiatan berkemah. Dilengkapi dengan fasilitas penyewaan tenda, toilet dan listrik. Luas lahan disini juga sangat cocok untuk aneka kegiatan luar ruangan seperti gathering dan out bound karena telah tersedia beberapa wahana untuk penunjang kegiatan seperti high rope dan titian tunggal. 

GIANT SWING adalah wahana ayunan raksasa, dimana pengunjung akan ditarik hingga ketinggian 20 meter, lalu terhempas dan berayun. Harga tiket untuk wahana menantang ini Rp. 20.000 (sudah termasuk asuransi).
'
RUMAH POHON dan HAMMOCK REMPONG juga merupakan wahana yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai dan berswafoto.

Selain itu, di Kampung Kurcaci juga diselenggarakan sebuah kegiatan sosial edukatif yaitu SINAU NANG ALAS, kegiatan yang juga merupakan rintisan sekoah alam, dimana peserta didik bisa belajar dan bermain pada alam bebas, dengan mentor dari KAMPUNG KURCACI dan dari berbagai organisasi dan profesi seperti Pramuka,PA,Guru,Dokter dll. Kegiatan ini rutin diaksanakan setiap hari Minggu dengan materi-materi kreatif yang berguna dan memajukan pengetahuan peserta didik. Kegiatan ini merupakan program rintisan sekolah alam Kampung Kurcaci juga merupakan kegiatan unggulan yang terus dikembangkan menjadi sebuah wisata minat khusus. Demikian sekilas mengenai wisata alam Kampung Kurcaci, semoga bisa menjadi tujuan wisata anda dan keluarga.

Untuk galeri foto terbaru, silahkan follow instagram @kampung_kurcaci dan gunakan tagar #kampungkurcacipurbalingga.

Untuk informasi lebih lengkap hubungi Kampung Kurcaci Purbalingga, Jl. Raya Brobahan desa Serang kecamatan Karangreja kabupaten Purbalingga Jawa Tengah.
Telepon     : 0853 8538 9817 / 0853 2526 0851
WA (chat)  : 082251611550 




2 comments: